Apa Perbedaan Gerund Dan Present Participle

Perbedaan Gerund dan present Participle
EBI-Gerund vs. Present Participle. Selamat malam para pengunjung dimanapun anda berada, semoga tak ada yang berkurang segala sesuatunya, Amin. Dikesempatan kali ini saya akan shere mengenai "The different Gerund And Present Participle". Sebelumnya Edukasi Bahasa Inggris (EBI) Sudah shere mengenai "Pengertian & Contoh Gerund''.

Perbedaanya Gerund dan present participle.


Gerund dan present participle adalah dua bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang seringkali bisa membingungkan. Meskipun keduanya terlihat serupa, ada perbedaan penting dalam cara mereka digunakan dan fungsinya dalam kalimat.

Berikut adalah perbedaan antara gerund dan present participle:

Fungsi:
✓ Gerund: 
Gerund adalah bentuk kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda dalam kalimat. Gerund biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan atau kegiatan yang berfungsi sebagai subjek, objek, atau pengganti kata benda dalam kalimat.

Contoh
"Swimming is my favorite sport." (berenang adalah olahraga favoritku) - di sini, gerund "swimming" berfungsi sebagai subjek kalimat.

✓ Present Participle: 
Present participle adalah bentuk kata kerja yang digunakan dalam pembentukan continuous tenses (present continuous, past continuous, future continuous) dan sebagai kata sifat dalam kalimat. Present participle biasanya menggambarkan tindakan atau kegiatan yang sedang berlangsung pada saat tertentu atau sebagai kata sifat yang menggambarkan kata benda.

Contoh
"The running child is very happy." (anak yang sedang berlari sangat bahagia) - di sini, present participle "running" menggambarkan tindakan yang sedang berlangsung pada saat tertentu.

Bentuk:
✓ Gerund: 
Gerund dibentuk dengan menambahkan akhiran "-ing" pada akhir kata kerja.

Contoh
play → playing, eat → eating, dance → dancing

✓ Present Participle: 
Present participle juga dibentuk dengan menambahkan akhiran "-ing" pada akhir kata kerja.

Contoh
run → running, swim → swimming, read → reading

Namun, perlu diingat bahwa terdapat beberapa pengecualian untuk aturan pembentukan present participle dalam bahasa Inggris, seperti kata kerja yang berakhir dengan "e" akan menghilangkan "e" tersebut sebelum menambahkan akhiran "-ing". 

Contoh
make → making, write → writing.

Penggunaan:
✓ Gerund: 
Gerund digunakan setelah kata kerja tertentu, preposisi, atau sebagai objek langsung dalam kalimat.

Contoh
"I enjoy swimming in the morning." (Aku menikmati berenang di pagi hari) - di sini, gerund "swimming" digunakan setelah kata kerja "enjoy".

✓ Present Participle: 
Present participle digunakan dalam continuous tenses (present continuous, past continuous, future continuous) untuk menggambarkan tindakan yang sedang berlangsung pada saat tertentu, atau sebagai kata sifat untuk menggambarkan kata benda.

Contoh
"She is reading a book." (Dia sedang membaca buku) - di sini, present participle "reading" digunakan dalam kalimat present continuous untuk menggambarkan tindakan yang sedang berlangsung pada saat tertentu.

Itulah perbedaan antara gerund dan present participle dalam bahasa Inggris. Meskipun keduanya memiliki bentuk yang serupa, mereka memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda dalam kalimat. Penting untuk memahami perbedaan ini agar dapat menggunakan gerund dan present participle
LihatTutupKomentar

1 Komentar

Cancel

Terima kasih telah berkunjung. Silakan berkomentar dengan bijak terkait artikel yang Anda baca di atas.
Mohon maaf, Spammy Comments dan/atau mengandung Active Link tidak akan ditampilkan